Tips Merawat Rambut Berhijab Secara Alami dan Sehat

Tuesday, June 30th, 2015 - Kesehatan

Cara Merawat kesehatan rambut berhijabTips merawat rambut berhijab – Mengenakan hijab bukan hanya perintah Tuhan bagi mereka yang beragama Islam sebab nyatanya penutup kepala ini mampu melindungi dari berbagai dampak buruk lingkungan. Anda yang mengenakannya bisa lega karena rambut terhindar dari paparan sinar ultraviolet, angin, hingga polusi udara.

Manfaat mengenakan hijab bagi rambut tersebut sayangnya sering membuat beberapa perempuan lupa sehingga membiarkan rambut tanpa perawatan. Eits, jang meniru hal itu ya Ladies sebab rambut berhijab yang tak dirawat berpotensi menimbulkan masalah lain seperti kerontokan maupun rambut berketombe.

Lalu apa yang harus dilakukan agar rambut berhijab tetap indah dan sehat? Yuk, ikuti ulasan tips cara merawat rambut berhijab secara alami agar sehat berikut ini:

  • Jangan pernah mengikat rambut ketika basah

Tips merawat rambut sehat berhijab yang pertama adalah dengan menghindari pengikatan rambut dalam keadaan basah. Mungkin beberapa sudah mengetahui aturan ini karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut rontok namun seringkali melupakannya karena tidak punya waktu atau terburu-buru. Hasilnya, rambut jad lepek dan jelek.

Hindari hal tersebut dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk mengeringkan rambut. Lakukan keramas beberapa jam sebelum kegiatan dimulai sehingga Anda dapat membiarkan rambut kering alami terlebih dahulu.

  • Jangan lupakan sinar matahari

Meski paparan sinar ultraviolet berdampak buruk bagi kesehatan, bukan berarti Anda harus selalu menghindarinya. Dalam tips merawat rambut rontok dan bercabang disebutkan bahwa vitamin D yang terdapat pada sinar matahari cukup penting bagi kesehatan rambut dan kulit kepala lho.

Jika melepas hijab adalah hal yang tidak memungkinkan dilakukn ketika diluar rumah, maka tips merawat rambut berhijab ala bagopa.com menyarankan agar Anda membuka jendela dan tirai. Kemudian, duduklah di bagian yang paling banyak terkena sinar matahari minimal sekali dalam seminggu selama 30 menit.

  • Jangan mengikat terlalu rapat

Mengikat rambut menjadi salah satu pilihan agar mahkota tersebut rapi dan tidak mengganggu. Nah, usahakan agar mengikat rambut tidak terlalu ketat ketika Anda mengenakan hijab karena pengikatan yang terlalu kuat dapat membuat akar rambut tertarik sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman bahkan sakit.

  • Rapikan rambut secara regular

Tips merawat rambut berhijab agar sehat selanjutnya terkait dengan kebiasaan merapikan rambut. Anda perlu merapikan rambut secara reguler agar mahkota tetap terawat dan bagus. Luangkan waktu setiap 4 hingga 6 minggu sekali untuk pergi ke salon dan merapikan rambut agar mahkota dapat tumbuh lebih sehat.

Hal terakhir yang perlu dilakukan dalam tips merawat rambut berhijab adalah dengan memperhatikan produk perawatan rambut yang digunakan. Pastikan produk perawatan tersebut aman dan tidak mengandung substansi kimia berbahaya yang dapat berpotensi merusak keindahan mahkota.

Nah, mengenakan hijab bukan berarti rambut harus dibiarkan bukan? Mari membuat mahkota lebih cantik dan sehat secara alami meski mengenakan hijab mulai sekarang. Selamat mencoba.

Tips Merawat Rambut Berhijab Secara Alami dan Sehat | Dyah Laili | 4.5